MENUMBUHKAN MINAT MEMBACA

MENUMBUHKAN MINAT MEMBACA

Dizaman sekarang ini minat membaca masyarakat semakin menurun, ditambah lagi media saat ini cenderung menggunakan media visual. Sebelum kita masuk dalam budayakan membaca, kita harus tahu terlebih dahulu apa itu minat? Dan apa itu membaca?. Menurut Hurlock (1993) minat adalah sumber motivasi yang mendorong seseorang untuk melakukan apa saja yang ingin dilakukan ketika bebas memilih. Ketika seseorang menilai bahwa sesuatu akan bermanfaat maka akan menjadi berminat kemudian hal tersebut mendatangkan kepuasan, ketika kepuasaan itu menurun maka minat aka menurun juga, dapat disimpulkan minat seseorang dipengaruhi oleh tingkat kepuasan. Sedangkan membaca adalah suatu cara untuk mendapatkan informasi dari sesuatu yang ditulis.

Setelah kita mengetahui pengertian minat dan membaca itu apa, maka sekarang bagaimana cara kita menumbuhkan minat baca pada diri seseorang dan juga masyarakat sekitar. Menurut saya cara untuk menumbuhkan minat membaca seseorang yaitu kita harus membuat suatu buku atau tulisan menjadi semenarik mungkin, entah dari cover atau ditambahkan dengan gambar. Kita sama-sama mengetahui bahwa jika seseorang disuruh memilih untuk membaca antara komik dan buku pelajaran atau buku yang berbau ilmiah, pasti sebagian kita lebih memeilih membaca komik dibandingankan membaca buku pelajaran. Mungkin dari sini kita bisa membuat buku yang tidak full atau sepenuhnya dengan tulisan teks, coba kita sisipkan dengan gambar-gambar, jadi di dalam buku itu kita baut seakan-akan seperti komik tapi isinya tentang ilmu pengethuan atau pelajran dan ini salah satu cara kita untuk menumbuhkan minat membaca sejak dini yaitu kepada anak kecil tidak hanya anak kecil tapi juga orang dewasa. Dengan adanya gambar yang disertai tulisan orang akan mudah mengingatnya dibandingakan dengan  buku yang full teks. Karena anak kecil akan mudah sekali mengingat sesuatu jika ditambah dengan gambar apalagi ditambah dengan warna-warna yang mendukung gambar tersebut akan semakin menarik dan unik saja buku tersebut dan tentunya dapat menumbuhkan minat membaca seseorang karena orang tidak lagi cepat bosan jika membaca buku karena di dalam buku itu tidak hanya terdapat tulisan saja tapi juga gambar yang berwarna-warni. Dan sekarang juga sudah banyak buku-buku bacaan atau buku pelajaran yang menggunakan gambar-gambar di dalamnya.  Intinya harus ada inovasi dan kreatifitas dalam hal membuat buku itu menjadi menarik, baik dari segi cover, isi ataupun desain gambarnya.

Cara lain untuk menumbuhkan minat membaca seseorang, misalnya kita buat senyaman mungkin tempat untuk membacanya dalam hal ini perpustakaan. Saya yakin jika suasana dan tempatnya bagus perpustakaan akan ramai dikunjungi orang, walaupun orang tersebut hanya membaca buku di perpustakaan sebentar tidak masalah yang terpenting kita buat nyaman dulu orang itu, karena jika orang tersebut sudah merasa nyaman maka minat membaca diperpustakaan akan meningkat secara perlahan. Memang tidak semudah membalikan telapak tangan dalam hal menumbuhkan minat membaca di dalam diri seseorang ditambah sekarang dengan media elektronik yang semakin canggih, orang lebih suka bermain game online atau masuk ke jejaringan sosial dibandingakan membaca buku.

Mungkin di sini tiap orang memiliki caranya masing-masing dalam hal menumbuhkan minat membaca, kembali lagi ke dalam individu tersebut. Intinya dengan kita membaca kita tidak akan rugi, justri semakin kita banyak membaca ilmu kita semakin nambah.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s