JADILAH KONSUMEN YANG CERDAS

JADILAH KONSUMEN YANG CERDAS

Penduduk indonesia yang banyak membuat indonesia terkenal dengan konsumtif terbesar di dunia karena daya beli terhadap suatu produk sangatlah tinggi. Saya mengambil contoh pada saat handpone (HP) Blackberry keluar dan muncul di indonesia antusias masyarakat untuk membeli dan memperoleh HP keluaran terbaru itu sangatlah tinggi samapai-samapai ada yang rela antri panjang dan desak-desakan pada saat ada promosi HP murah Blacberry di Glora Bungkarno pada beberapa waktu yang lalu. Tidak hanya handpone (HP) Blacberry kini muncul dengan nama Android yang di Rajai oleh handpone Samsung dengan segala macam brend dan tipe dari HP Samsung dan para produsen ain pun tidak mau kalah maka bermunculan HP Android dari Sony Lenovo Zyrex Axio dan lainnya. Sangat terlihat sekali sifat konsumtif masyarakat indonesia terhadapa produk baru sangatlah tinggi.

Berbicara tentang iklan, iklan adalah tayangan singakat yang  memiliki tujuan untuk mempromosikan dan menawarkan suatu jenis barang maupun jasa. Iklan biasanya bisa kita jumpai melalui media elektronik dan media cetak, media elektronik misalnya televisi dan media cetak seperti koran, majalah, brosur dan lain sebagainya. Disini saya akan membahas iklan melalui media elektronik yaitu televisi. Telivisi adalah suatu media komunikasi yang menampilkan banyak keuntungan manfaat, dan informasi yang bisa dimenambah suatu pengetahuan bagi masyarakat. Iklan di televisi merupakan sarana bagi para produsen untuk mempromosikan barang atau jasa yang ia ingin luncurkan, dan televisi adalah ajeng promosi yang paling bagus dan tepat  karena bisa meyedot perhatian masyarakat sampai ke seluruh dunia.

 

 

Iklan di televisi memiliki sisi positif atau baik dari segi produsen. Produsen bisa mempromosikan produk/barangnya. Dan dari sisi posifit untuk konsumen, mereka bisa tau tentang produk atau barang apa saja yang terupdate dan bisa memilih berbagai macam  produk sebagai acuan untuk membelinya. Namun dibalik itu semua ada sisi buruk iklan di televisi, khususnya bagi konsumen yaitu membuat masyarakat menjadi konsumtif. Karena kita sama-sama tau iklan di televisi bisa kita lihat tiap saat, ganti channel lain ada iklannya. Bisa dikatakan yang tadinya barang itu tidak terlalu dibutuhkan oleh konsumen karena produk tersebut sering diiklankan di televisi dengan embel-embel ini itu, maka konsumen pun pastinya menjadi tertarik dan ingin membeli produk tersebut yang menyebabkan sifat konsumtif yang tidak baik bagi masyarakat itu sendiri. Apalagi jika yang menonton iklan tersebut anak kecil, dan jika iklan itu hanya mementingkan dari segi komersil maka akan berdampak negatif atau buruk bagi anak-anak, seharusnya iklan itu juga harus ada segi edukasinya karena tidak semua iklan itu di lihat atau ditonton oleh orang dewasa saja tapi anak kecil pun juga melihatnya. Mungkin harus ada filtrasi atau penyaringan terhadap tayangan iklan, misalnya iklan rokok itu ada jam-jam tertentunya agar kalau yang melihat iklan itu anak kecil dikhawatirkan akan memberikan damapak yang kurang baik.

Sebenarnya baik buruk iklan di televisi hanyalah sebuah perspektif dari masing-masing individu, tergantung bagaimana individu-individu itu memandang dan menyikapinya. Dan masyarakat sekarang pastinya sudah lebih pintar menilai baik buruk iklan itu sendiri, yang jelas ambil sisi baik dari iklan itu sendiri dan buang yang buruknya, be positive human. Dan jangan samapai kita tertipu atau terpedaya terhadap apa-apa yang di tampilkan di televisi, maka dari itu kita harus pintar-pintar menilai dan memilih suatu produk dan jangan sampai kita menjadi orang yang konsumtif yang akan merugikan diri kita sendiri. Dan dalam agama Islam pun diajarkan jangan sampai kita menjadi orang yang berlebih-lebihan begitu juga dalam hal membeli sesuatu barang, belilah barang untuk memenuhi kebutuhan kita bukan karena memenuhi keinginan kita dua hal tersebut sangantlah berbeda. Dan jadilah konsumen yang cerdas dalam memilih suatu barang baik dari media elektronik maupun media massa.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s