REVIEW TENTANG PERILAKU KONSUMEN

REVIEW TENTANG PERILAKU KONSUMEN

Dalam menyususun strategi pemasaran yang tepat,para pemasar perlu mengetahui tujuan perusahaan, dan selanjutnya akan menentukan beberapa segmentasi pasar. Segmentasi pasar ini dapat dilakukan menurut pasar konsumen, di  mana  pasar konsumen ini dapat diuraikan lagi menjadi tiga, yaitu: segmentasi pasar menurut demografi, segmentasi pasar berdasarkan geografi, dan segmentasi pasar berdasarkan perilaku beli konsumen. Dari  ketiga  dasar  segmentasi  pasar  di  atas akan  diteliti  segmentasi  pasar  berdasarkan  perilaku beli konsumen. Menurut Kotler (1991) perilaku konsumen di pengaruhi oleh empat faktor budaya, yaitu: budaya, sosial, pribadi, dan psikologis. Selanjutnya dari keempat faktor tersebut dapat dirinci menjadi beberapa subfaktor. Untuk faktor psikologis terdiri dari: motivasi, persepsi, belajar, kepercayaan dan sikap. Namun disini banyak faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam hal membeli suatu produk, yaitu diantaranya :

1. Faktor pendidikan

Semakin tinggi pendidikan seseorang pastinya orang tersebut lebih teliti dan lebih kritis dalam menilai suatu produk, karena mereka tahu jika barang itu mahal pasti kualitasnya pun akan bagus namun itu semua tidak menjadi patokan dasar bisa saja barang yang murah memiliki kualitas yang bagus juga. Maka di sini perusahaan atau para pemsar harus tahu apa yang sedang diinginkan konsumen oleh karena itu diperlukan yang namanya segmentasi pasar agar perusahaan tahu apa yang sedang tren atau yang sedang diburu oleh masyarakat.

2. Faktor Penghasilan

Konsumen yang mempunyai penghasilan dibawah rata-rata maka mereka lebih memilih produk yang murah dan meiliki kulaitas yang lumayan bagus karena terpentok dengan kondisi keuangannya dan mereka pun lebih memilih berbelanja di pasar tradisonal. Lain hal dengan konsumen yang berpengahsilan diatas rata-rata mereka pasti mampu membeli suatu produk yang mereka butuhkan walaupun harganya mahal karena penghasilan mereka pun besar.

3. Faktor Harga

Mungkin harga adalah salah satu pertimbangan yang sangat konsumen teliti, karena beda harga hanya berapa rupiah saya konsumen bisa saja pergi atau mencari harga yang lebih murah di tempat lain. Oleh karena itu perusahaan harus bisa bersaing dengan perusahaan lain dalam hal harga. Dan bagaimana cara perusahaan menjual produk dengan harga yang murah namun memiliki kulaitas yang bagus.

4. Faktor Kualitas

Disini konsumen sangat memperhatikan kulaitas suatu produk/barang. Terkadang konsumen berfikir kualitas yang bagus pasti harganya juga mahal, namun tidak juga jika konsumen mau mencari produk/barang yang memiliki kualitas yang bagus dengan harga yang murah pasti ada mungkin dengan komsumen membelinya di agen atau grosir-grosir dan lain sebagainya. Kualitas adalah salah satu faktor yang dapat mempengaruhi perilaku konsumen.

5. Faktor Promosi

Promosi merupakan salah satu cara suatu perusahaan untuk mempromosikan produk/barangnya dengan melakukan promosi maka komsumen akan tahu produk atau barang suatu perusahaan yang akan d jual. Biasanya promosi ini juga cara perusahaan menarik konsumen dengan memberikan diskon atau harga yang lebih murah untuk waktu yang telah ditentukan, dengan melakukan promosi perusahaan juga bisa melihat pangsa pasar apakah produk yang mereka tawarkan bisa di terima di masyarakat.

Mungkin setiap produk atau barang memiliki faktor yang berbeda-beda dalam hal perilaku konsumen misalnya faktor sikap, budaya, distributor, psikologi, sosial, pribadi. Contoh yang saya ambil misalnya tentang faktor sikap konsumen terhadap pembelian produk komputer merek Acer. Di mana menurut Fishbein dan Ajzen (dalam Engel et al., 1994), bahwa sebuah sikap menggambarkan kecenderungan (predispositions) yang  dipelajari  untuk  menanggapi suatu obyek dalam cara   menyukai   atau   tidak menyukai (favourable or unfavourable) secara konsisten. Sikap  merupakan variabel   yang   mendapat   perhatian   untuk   diteliti, karena sikap merupakan faktor yang tepat untuk meprediksikan/meramalkan  perilaku  konsumen dimasa yang akan datang (Basu Swasta DH, 1992).  Jadi dengan mempelajari sikap konsumen diharapkan dapat menentukan apa yang akan dilakukan di masa yang akan datang terhadap produk komputer merek tertentu (Acer), berarti konsumen itu mau menerima atau merasa senang terhadap produk komputer, sehingga bila produk komputer tersebut ditawarkan kepada  konsumen,  kemungkinan  besar  akan  dibeli oleh konsumen tersebut.

Di samping itu juga perilaku konsumen dalam membeli produk komputer tidak hanya dipengaruhi oleh  sikap  seseorang,  tetapi  juga  akan  dipengaruhi oleh   variabel   norma   subyektif,   karena   produk komputer merupakan produk yang mempunyai keterlibatan tinggi (high involment) dalam proses pengambilan keputusan beli. Jadi konsumen dalam hal ini  perlu:  mencari  informasi,  mengevaluasi alternative, memilih  salah  satu  alternatif, kemudian membeli (Engel et el., 1994). Untuk mengenal kebutuhan   dan   keinginan   konsumen   pada   pasar sasaran untuk produk komputer, perlu dilakukan penelitian mengenai perilaku konsumen.

Dalam  mempelajari  perilaku  konsumen banyak faktor yang mempengaruhinya. Salah satu faktor yang penting untuk mengetahui perilaku konsumen  adalah  dengan  mempelajari  faktor psikologis dari konsumen, yaitu sikap konsumen, dengan demikian apabila sikap konsumen dapat didefenisikan  dengan  baik  dan  selanjutnya mengetahui minatnya maka perilaku konsumen akan dapat dipredikasi.

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s