GLOBALISASI

GLOBALISASI

PENGERTIAN GLOBALISASI

Globalisasi berasal dari kata “ global “ yang berarti meliputi seluruh dunia. Jadi globalisasi berarti proses masuknya ke ruang lingkup dunia ( lihat Kamus Besar Bahasa Indonesia )
Beberapa pengertian globalisasi :
1. Globalisasi adalah sebuah perubahan sosial berupa bertambahnya keterkaitan diantara elemen-elemen yang terjadi akibat perkembangan teknologi di bidang transportasi dan komunikasi yang memfasilitasi pertukaran budaya dan ekonomi internasional
2. Globalisasi juga bisa diartikan proses dimana berbagai peristiwa, keputusan dan kegiatan di belahan dunia yang satu dapat membawa konsekuensi penting bagi berbagai individu dan masyarakat di belahan dunia yang lain.
3. Selain itu globalisasi juga berarti meningkatnya saling keterkaitan antara berbagai belahan dunia melalui terciptanya proses ekonomi, lingkungan, politik dan pertukaran kebudayaan.
Jadi globalisasi mencakup semua bidang seperti proses perubahan sosial, arus informasi, aliran barang, jasa dan uang serta pertukaran budaya.

Pengaruh Globalisasi dalam Berbagai Bidang Kehidupan :
1. Teknologi informasi
Perkembangan pesat teknologi informasi melalui penggunaan komputer, satelit dan internet
memungkinkan orang mengakses informasi yang dibutuhkan secara cepat.
2. Teknologi Komunikasi
Murahnya harga hp ( telp seluler ), kartu perdana dan layanan pesanan singkat (sms)
memungkinkan komunikasi antar orang tidak terganggu jauhnya jarak.
3. Transportasi
Kemajuan transportasi baik darat, laut maupun udara menyebabkan pergerakan (mobilitas)
manusia dari satu negara ke negara lain semakin cepat.
Arus globalisasi tidak mungkin bisa dibendung karena berkaitan dengan perkembangan
teknologi informasi, komunikasi dan transportasi.

4. Politik

Kehidupan politik diberbagai Negara hampir sama dan serupa. Semua Negara saling mempengaruhi dan dipengaruhi. Paham demokrasi dianut oleh berbagai Negara di dunia. Pemilu dilakukan di Negara-negara untuk memilih wakil rakyat. Kekuasaan legislative, eksekutif, dan yudikatif dipraktikan di Negara-negara seperti Amerika Serikat (AS), Indonesia, dan Prancis.

5. Ekonomi

Globalisasi sangat mempengaruhi perdagangan ekonomi. Pemilik modal dari Jepang atau Jerman, dapat mendirikan pabrik-pabrik di AS. Sebaliknya, pemilik modal AS juga dapat mendirikan pabrik di Negara-negara itu dan memasarkannya. Tidak heran jika AS menggunakan mobil Jepang atau orang Jepang dan Jerman menggunakan komputer buatan AS yang dirakit di Jepang.

6. Budaya

Tahukah anda music rock ? Itulah salah satu wujud pengaruh globalisasi. Kaum muda dari berbagai Negara berusaha mempelajari dan memainkan music keras itu. Tak hanya itu, dari music rock  pula muncul gaya rambut, gaya berpakaian, dan bahkan gaya hidup. Budaya music rock  mewabah di seluruh penjuru dunia tanpa bisa dicegah.

7. Sosial

Apa yang terjadi ketika sebuah bangsa mengalami bencana? Berduyun-duyun masyarakat dunia memberikan bantuan. Saat rakyat Aceh terkena Tsunami, masyarakat dunia langsung bergerak menolong. Organisasi social dari berbagai Negara juga turut membantu.
Anggapan terhadap Globalisasi :
Globalisasi akan membuat dunia seragam sehingga menghilangkan jati diri bangsa, kebudayaan lokal dan identitas suatu daerah, karena arus budaya yang lebih besar yang merupakan budaya dan identitas global.
Anggapan ini tidak semuanya benar karena terdapat arus globalisasi yang baik dan membawa kemajuan bagi manusia/ masyarakat.

PENYEBAB TERJADINYA GLOBALISASI

Munculnya era globalisasi tidak terlepas dari upaya manusia untuk melakukan pembaruan di berbagai bidang kehidupan guna meningkatkan kesejahteraan bersama. Ada beberapa faktor yang menyebabkan munculnya globalisasi. Faktor-faktor tersebut dikelompokkan menjadi faktor ekstern dan intern.
a. Faktor Ekstern
Faktor Ekstern munculnya globalisasi berasal dari luar negeri dan perkembangan dunia. Faktor tersebut sebagai berikut.
1) Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknology (Iptek).
2) Penemuan sarana komunikasi yang semakin canggih.
3) Adnya kesepakatan internasional tentang pasar bebas.
4) Modersisasi atau pembaruan di berbagai bidang yang dilakukan negara-negara di dunia mempengaruhi negara lain untuk mengadupsi atau meniru hal yang sama.
5) Keberhasilan perjuangan prodemokrasi di beberapa negara di dunia sedikit banyak memberi inspiransi bagi munculnya tuntutan tranparansi dan globalisasi di sebuah negara.
6) Meningkatnya peran dan fungsi lembaga-lembaga internasional.
7) Perkembangan HAM.

b. Faktor Intern
Faktor intern munculnya globalisasi berasal dalam negeri. Berikut faktor-faktor intern tersebut.
1) ketergantungan sebuah negara terhadap negara-negara lain di dunia.
2) Kebebasan pers.
3) Berkembangnya transparansi dan demokrasi pemerintahan.
4) Munculnya berbagai lembaga politik dan lembaga awadaya masyarakat.
5) Berkembangnya cara berpikir dan semakin majunya pendidikan masyarakat.

Faktor Penyebab Terjadinya Globalisasi

Globalisasi muncul karena adanya bangsa-bangsa. Masalah Globalisasi merupakan suatu ketergantungan dalam masalah sosial, politik, ekonomi, dan budaya antarbangsa di dunia. Globalisasi terbentuk karena beberapa faktor, yaitu :
1.Kebijakan negara untuk berhubungan dan menjalin kerja sama dengan negara lain.
2. Sistem ekonomi internasional
3. Adanya migrasi penduduk ke berbagai negara
4. Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi
5. Berkembang pesatnya perusahaan-perusahaan transnasional

Penyebab meningkatnya globalisasi ada tiga faktor, yaitu:
a.Adanya Perubahan Politik Dunia
Menurut Anthony Giddens, ada sejumlah pengaruh politik yang memengaruhi meningkatnya globalisasi. Yaitu:
1) Bubarnya Uni Soviet tahun 1991 dan Jatuhnya Komunisme Model Soviet.Sejak bubarnya Uni Soviet, negara-negara bekas blok Soviet seperti Rusia, Polandia, Republik Ceko, dan lain-lain bergerak mengikuti sistem politik dan ekonomi Barat.
2) Munculnya Mekanisme Pemerintahan Internasional dan Regional
Mekanisme pemerintah internasional dan regional misalnya PBB dan Uni Eropa.
3) Munculnya Organisasi Antarpemerintah (Intergovernmental Organizations/IGOs) dan Organisasi Non-pemerintah Internasional (Internasional Non-Governmental Organizations/INGOs)
Organisasi-organisasi internasional ini mendorong terjadinya komunikasi dan interaksi antarpemerintah atau masyarakat antarnegara. Hal ini juga mendorong meningkatnya globalisasi
b.Adanya Aliran Informasi yang cepat dan luas
Kemajuan pesat di bidang teknologi informasi dan komunikasi mendorong tiap-tiap individu bisa berhubungan dengan cepat. Selain itu, kemajuan di bidang teknologi juga menbuat individu dapat mengakses informasi dengan cepat, baik informasi dari dalam negeri maupun luar negeri
c.Berkembang Pesatnya Perusahaan-Perusahaan Transnasional.
Perusahaan transnasional atau transnational corporations (TNCs) adalah perusahaan yang memproduksi barang atau jasa di lebih dari satu negara.

CIRI-CIRI GLOBALISASI

Era globalisasi menuntut adanya keterbukaan informasi atau yang dikenal dengan istilah cyber space, sehingga memungkinkan komunikasi bersifat masal, menyentuh hampir di semua bidang kehidupan masyarakat, termasuk aspek kehidupan manusia secara personal. Secara rinci, ciri yang menandakan semakin berkembangnya fenomena globalisasi di dunia, sebagai berikut.

1) Hilir mudiknya transportasi barang antar-negara menunjukkan peningkatan, keterkaitan dan ketergantungan antar-manusia (bangsa) di seluruh dunia.

2) Perubahan dalam konsep ruang dan waktu. Globalisasi dewasa ini menjadi pusat perhatian (mainstream) banyak pihak, karena proses interaksi antarmanusia atau masyarakat menjadi semakin tinggi akibat dari adanya kemajuan teknologi komunikasi, informasi dan transportasi, (seperti telepon genggam, televisi satelit, internet, pariwisata, imigran, tenaga kerja, pertukaran pelajar/mahasiswa memungkinkan manusia merasakan banyak hal dari budaya yang berbeda). Perkembangan ini menjebabkan manusia semakin cepat mengetahui apa yang terjadi di sisi dunia yang letaknya berjauhan serta semakin cepat mencapai wilayah (daerah) yang letaknya berkilo-kilo meter jauhnya. Dunia menjadi sebuah desa global (global village), karena antar bagian dunia, baik pelosok terpencil maupun perkotaan, sudah saling berhubungan dan berkaitan.

3) Pasar dan kegiatan produksi di negara-negara yang berbeda menjadi saling bergantung sebagai akibat dari pertumbuhan perdagangan internasional, peningkatan pengaruh perusahaan miltinasional, dan dominasi organisasi internasional semacam world trade organization (WTO).

4) Peningkatan interaksi budaya melalui perkembangan media massa (televisi, film, musik, transmisi berita dan olahraga internasional). Saat ini kita dapat mengonsumsi dan mengalami gagasan dan pengalaman baru mengenai hal-hal yang beraneka ragam budaya berasal dari berbagai belahan dunia, misalnya dalam bidang fashion, literature, olahraga, seni, makanan, dan sebagainya.

5) Meningkatnya masalah bersama, misalnya pada bidang lingkungan hidup, krisis multinasional, inflasi.

6) Penyebaran prinsip multi-kebudayaan, dan kemudahan akses bagi individu terhadap kebudayaan lain di luar kebudayaanya.

7) Bertambah banyaknya event-event berskala global, seperti pertandingan olah raga level piala dunia, putri kecantikan dunia (miss universe), olimpiade matematika, dan sebagainya.

8) Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang menjadi cikal bakal lahirnya revolusi industri. Hal ini mengakibatkan kebutuhan bahan baku untuk industri serta pasar di negara-negara di dunia memunculkan berbagai perusahaan multinasional di dunia. Di Indonesia misalnya, perusahaan-perusahaan dunia dari Eropa dan AS, seperti Freepot dan Exxon, Unilever dari Belanda, British Petroleum dari Inggris, dan sebagainya.

9) Perubahan dalam konsep ruang dan waktu yang diakibatkan oleh perkembangan telepon genggam, televisi satelit dan internet.
10) Pasar dan produksi ekonomi di negara-negara yang berbeda menjadi saling bergantung satu negara dengan negara lain
11) Peningkatan interaksi budaya antar negara melalui media massa
12)  Munculnya masalah global yang menuntut dunia mengatasi masalah tersebut secara bersama

DAMPAK POSITIF DAN NEGATIF GLOBALISASI BAGI MASYARAKAT

Globalisasi memiliki dampak dalam masyarakat. Dampak itu dirasakan oleh semua lapisan masyarakat, dampak globalisaasi ada dua yaitu positif dan negatif.

Dampak Negatif

Dampak negative merupakan pangaruh yang merugikan hampir seluruh masyarakat di dunia. Dampak negative globalisasi antara lain sebagai berikut :

1)      Jati Diri Bangsa Terkikis

Globalisasi membuat arus informasi antaranegara menjadi mudah. Media seperti televise, internet, dan komputer menjadi perangkatnya. Banyak arus informasi yang secara bebas diterima masyarakat lambat laun akan mempengaruhi pola pikir masyarakat. Informasi itu akan membuat jati diri masyarakat terkikis secara perlahan. Beberapa contoh budaya globalisasi yang perlu dihindari adalah gaya hidup bebas dan pergaulan tanpa batas.

2)      Industri Dalam Negeri Terancam

Setiap Negara berusaha melindungi industri dalam negerinya. Jika tidak dilindungi, industry dalam negeri suatu Negara bisa bangkrut. Industri dalam negeri terancam bila produk-produk luar negeri membanjiri pasar suatu Negara. Apa yang terjadi jika pakaian-pakaina Cina, Eropa, dan AS masuk ke Indonesia padahal bangsa kita mampu membuatnya, Bagaimana nasib petani buah di Negara kita jika pemerintah membiarkan apel amerika, durian Bangkok dan jeruk cina masuk secara bebas? Jelas sekali globalisasi dapat menghancurkan industri dalam negei suatu Negara.

3)      Batas-batas Antarnegara Menjadi Tidak Jelas

Globalisasi memberikan dampak pada kaburnya batas-batas antarnegara. Hal itu terjadi karena sebuah Negara tidak mungkin lagi mengendalikan secara penuh perusahaan-perusahaan asing yang menanamkan modal di Negara tersebut. Di Negara kita, banyak perusahaan asing. Jika kita berusaha mengendalikan perusahaan-perusahaan itu, maka perusahaan itu akan lari ke Negara lain. Akibatnya kita sendiri yang rugi.

4)      Masyarakat yang konsumtif

5)      Pemborosan dan perilaku yang menyimpang dari adat ketimuran

6)      Lebih condong pada budaya barat sehingga budaya pribadi sering ditinggalkan

7)      Sikap individualis dan menutup diri sering terjadi pada individu yang mengikuti arus globalisasi secara terus-menerus

Dampak Positif

Dampak positif merupakan pengaruh yang menguntungkan bagi seluruh masyarakat. Beberapa dampak positif globalisasi adalah sebagai berikut :

1)      Hubungan Komunikasi Menjadi Lebih Mudah

Kemajuan teknologi komunikasi dan transportasi memudahkan semua orang melakukan hubungan dengan orang lain meski berbagai tempat. Saudara, keluarga, atau teman yang berada di Negara lain dapat dengan mudah kita hubungi atau datangi. Telepon dan pesawat terbang menjadi alatnya.

2)      Pertukaran Informasi Antarnegara Sangat Lancar

Kemajuan di bidang informasi menyebabkan kita mengetahui berbagai peristiwa yang terjadi di Negara lain dengan cepat. pertandingan olahraga, kejadian politik, atau peristiwa social dan budaya dengan mudah bisa kita saksiakan melalui layar televise.

3)      Harga Barang Menjadi Lebih Murah

Globalisasi menjadikan banyak Negara berlomba memproduksi barang yang murah. Meski murah, mutu tetap terjamin. Perlombaan dalam harga dan mutu itu bebas memilih. Mereka bebas untuk mendapatkan barang yang murah, sekaligus bermutu bagus.

4)      Mobilitas yang tinggi akan memudahkan siapapun di era globalisasi akan mudah dalam melakukan perjalanan baik perjalanan jauh maupun perjalanan pendek dengan adanya alat transportasi yang semakin beragam

5)      Sikap kosmopolitan ataupun toleransi antara satu individu dengan yang individu lain akan meningkat

6)      Perkembangan ekonomi, sosial dan budaya dengan globalisasi ini akan membawa individu semakin semangat dalam meningkatkan potensi dirinya

7)      Pemenuhan kebutuhan yang semakin kompleks dan tidan terbatas sedikit demi sedikit akan mulai terpenuhi secara berkala pada era globalisasi

Sumber :

http://mustofasmp2.wordpress.com/2008/12/31/pengertian-dan-ciri-ciri-globalisasi/

http://id.shvoong.com/law-and-politics/2265391-penyebab-globalisasi/

http://kumpulanilmu2.blogspot.com/2013/01/pengertian-globalisasi-dan-dampaknya.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s