EKONOMI KOPERASI

EKONOMI KOPERASI

“KOPERASI SEJAHTERA MULIA”

NAMA                            : HALLILAH

NPM                               : 13211163

KELAS                           : 2EA05

Mengawali tugas ekonomi koperasi yang deberikan oleh bapak Wardoyo, saya mulai mencari koperasi yang ada di kota Depok, ternyata semua koperasi yang ada di Depok meminta surat pernyataan atau seperti surat tugas dari kampus, berhubung saya mendapatkan surat izinnya terlambat dan tugas koperasi harus segera dikumpulkan, maka saya putuskan untuk mencari alternative yang lain yaitu saya mencoba menguhubungi teman-teman saya mulai dari temen SMP dan SMA. Alhamdulillah, teman saya yang dari SMA, dia bekerja di sebuah koperasi di daerah Jatipadang – Pasar Minggu dan kebetulan lagi teman saya bekerja dibagian unit simpan pinjam.

Teman saya mencoba menghubungi kepala koperasi tersebut untuk meminta izin apakah boleh saya melakukan penelitian dan wawancara di koperasi tersbut. Setelah menunggu selama dua hari, saya di telepon oleh teman saya jikalau saya boleh dan juga diizinkan untuk melakukan penelitian sekaligus mewawancarai kepala koperasinya tanpa harus membaawa surat pernyataan atau surat izin dari kampus. Keesokan harinya, waktu itu pada hari jumat saya janjian dengan teman SMA saya untuk bertemu sekaligus datang ke koperasi tersebut.

Sesampainya di koperasi tersebut saya menunggu kepala koperasinya dikarenakan beliau masih shalat jumatan. Tak lama kemudian, saya di panggil oleh teman saya, jika kepala koperasinya sudah datang dan saya langsung di suruh masuk ke dalam ruangannya dan langsung mewawancarai kepala koperasinya terkait dengan pertanyaan yang sudah saya buat, namun sebelumnya saya memperkenalkan diri saya dan teman kampus saya dan juga tujuan kami datang ke koperasi tersebut.

Selama kurang lebih 30 menit saya mewawancarai kepala koperasi dan mendapatkan penjelasan mengenai koperasi tersebut. Alhamdulillahnya, saya dan teman kampus saya diizinkan untuk memphotokopi berkas-berkas dan struktur organisasi yang saya butuhkan untuk menunjang hasil wawancara saya.

Di koperai yang saya teliti dan kunjungi ternyata koperasi tersebut termasuk koperasi konsumen dimana koperasi tersebut memiliki koperasi simpan pinjam dan koperasi serba usaha dimana koperasi ini juga memiliki beberapa unit usaha yaitu unit toserba, unit simpan pinjam, unit jasa listrik dan telepon, kerjasama anggota dimana kerja sama anggota ini terdiri dari  pemasok kue basah (pondok kue), kerjasama ruangan/kios, kerjasama konter dan kerja sama non anggota yang terdiri dari Bank BCA, Bank Mandiri (ATM), Bank BNI (ATM), Warnet, Mega Photo dan Bank BRI. Untuk lebih jelasnya sebagai berikut :

KEGIATAN USAHA

  1. Unit Usaha Eceran : menjual segala jenis keperluan sehari-hari (sembako, dll). Menjual sekitar 3000 jenis barang keperluan anggota/masyarakat seperti perlengkapan sekolah/kantor, perlenkapan dapur, pakaian bayi, obat-obatan, dan lainnya. Omzet diperkirakan antara Rp 15-20 juta per hari.
  2. Unit Simpan Pinjam                :
    1. Simpanan :  Terdiri dari simpanan sukarela dan simpanan khusus. Simpanan sukarela (tabungan diberikan jasa 5% per tahun  dan 8,5% untuk simpanan khusus (deposito berjangka).
  1. Pinjaman : Hanya diberikan kepada anggota yang sudah aktif selama ± 6 bulan. Besarnya pinjaman disesuaikan dengan kebutuhan anggota dan nilai jaminan jasa pinjaman sebesar 2,5% per bulan dari saldo pinjaman. Modal kerja yang dipakai unit ± 3,5 miliar.
  1. Unit Jasa Listrik dan Telpon : melayani anggota ± 200 pelanggan listrik dan telephone dengan modal kerja Rp 100.000.000,00 per bulan. Unit ini memberikan jasa pembayaran listrik dan telephone kepada para anggota koperasi.
  2. Kerjasama Anggota
    1. Pemasok Kue Basah (pondok kue)

Anggota yang berpartisipasi sebagai pemasok pondok kue ± 60 orang Omzet pemasok kue Rp 4.000.000 s/d Rp 5.000.000 dengan keuntungan 20%.

    1. Kerjasama Ruangan/ Kios

Terdiri dari kartu telephone, tahu sumedang, Cendol Bandung, Gado-Gado, Koran/majalah, Busana Muslim dan salon muslimah.

    1. Kerjasama Konter

Terdiri dari konter daging, buah, obat, ATK, Perlengkapan bayi, Peralatan dapur.

  1. Kerjasama Non Anggota

Terdiri dari Bank BCA, Bank Mandiri (ATM), Bank BNI (ATM), Warnet, Mega photo dan Bank BRI.

Perbedaan dan persamaan koperasi tersebut dengan teori adalah sebagai berikut :

Perbadaannya :

–          Dikoperasi ini memilki unit usaha eceran

–          Gaji para pegawai/karyawan di koperasi tersebut sudah UMR

–          Untuk anggota seringkali melakukan studi training dan studi banding

Persamaannya :

–          Sama-sama memiliki tujuan mempertinggi kesejahteraan rakyat, meningkatkan kesejahteraan ekonomi dan social masyarakat dan lain sebagainya

–          Dalam hal prinsip, tujuan, fungsi dan peranan sesuai dengan teori yang ada

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s