Manusia dan Kebudayaan

NAMA                       : HALLILAH

KELAS                      : 1EA08

NPM                           : 13211163

MATA KULIAH      : ILMU BUDAYA DASAR

Manusia dan Kebudayaan

Manusia itu diciptakan oleh Allah SWT, dan manusia adalah makhluk yang paling sempurna dibandingkan dengan makhluk lainnya diantaranya jin, iblis, malaikat, binatang dan lain – lain. Sering kita tidak sadari, kita sebagai manusia tidak tau dan tidak kenal siapa diri kita sebenarnya dan mau kemana nantinya dan dari mana asalnya, yang terpenting disni adalah kita akan mendapatkan selamat dan barokah di dunia dan di akhirat.

Unsur – unsur yang membangun manusia :

  1. Jasmani.
    Terdiri dari Air, Kapur, Angin, Api dan Tanah.
  2. Ruh.
    Terbuat dari cahaya (NUR). Fungsinya hanya untuk menghidupkan jasmani saja.
  3. Jiwa. (An Nafsun/rasa dan perasaan).
    Terdiri atas 3 unsur:
    • Syahwat/Lawwamah (darah hitam), dipengaruhi sifat Jin, sifatnya adalah: Rakus, pemalas, Serakah, dll (kebendaan/materialis)-menjadi beban masyarakat.
    • Ghodob/Ammarah ( Darah merah ), dipengaruhi oleh sifat Iblis, Sifatnya adalah: Sombong, Merusak, Angkara murka dll (Menentang)-Menjadi pengacau masyarakat.
    • Natiqoh/Muthmainah (darah Putih), Dipengarui sifat malaikat, Sifatnya adalah: Bijaksana, Tenang, Berbudi luhur, Berachlak Tinggi dan Mulia- Menciptakan kedamaian dan kasih sayang.

Alat dari pada Jiwa yaitu otak, yang terdiri atas 3 bagian juga:

  1. Akal (timbangan) haq atau bathil
  2. Pikir (hitungan) Untung rugi
  3. Zikir (ingatan) Ingat Allah

Hakekat manusia adalah individu yang sangat  dipengearuhi oleh lingkungan terutama lingkungan sosial, apalah arti kehidupan bagi manusia yang sempurna baik dalam segi pendidikan, agama, tetapi tanpa mempunyai kepedulian hidup kita sebagai manusia hampa. Kita menyadari di setiap lingkungan banyak sekali kita temui dan kita dapati hidup yang selalu serba kekurangan baik di lingkungan sendiri maupun di lingkungan sekitar. Seharusnya kita sebagai manusia  memberikan perhatian dan kepedulian dalam masalah tersebut.  Hakekat manusia yang lainnya yaitu Makhluk yang memiliki tenga dalam yang dapat menggerakkan hidupnya untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhannya, Individu yang memiliki sifat rasional yang bertanggung jawab atas tingkah laku intelektual dan sosial, Makhluk yang dalam proses menjadi berkembang dan terus berkembang tidak pernah selesai (tuntas) selama hidupnya. Individu yang dalam hidupnya selalu melibatkan dirinya dalam usaha untuk mewujudkan dirinya sendiri, membantu orang lain dan membuat dunia lebih baik untuk ditempati.

Kepribadian manusia indonesia  yang sangat kental dengan keramahtamahan, beraneka ragam suku, budaya dan adat istiadat juga masyarakat indonesia memiliki rasa toleransi yang tinggi, kekeluargaan, kegotong royongan antara yang satu dengan yang lainnya. Membuat bangsa indonesia memiliki semboyan “Bhineka Tunggal Ika”. Tidak hanya dari segi budaya, adat istiadat namun juga dari bahasa yang beraneka ragam dari bahasa jawa, sunda, madura, sumatera namun kita tetap satu dan mejalin tolransi antara budaya yang satu dengan budaya yang lainnya begitu pula dengan agama.

Ilmu budaya secara sederhana di definisikan sebagai usaha yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar, pengetahuan umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah-masalah manusia dan kebudayaan. Budaya itu sendiri adala suatu pola hidup menyeluruh. budaya bersifat kompleks, abstrak, dan luas. Banyak aspek budaya turut menentukan perilaku komunikatif. Unsur-unsur sosio-budaya ini tersebar dan meliputi banyak kegiatan sosial manusia.

Tujuan dari ilmu budaya dasar mengembangkan kepribadian mahasiswa dengan cara memperluas wawasan, pemikiran serta kemampuan kreatifitsnya terhadap masalah-masalah budaya sehingga daya tangkap persepsi dan penalaran mengenai lingkungan budaya manusia dapat menjadi lebih halus dari manusia.

sumber :
Wikipedia.org http://duniabaca.com/definisi-budaya-pengertian-kebudayaan.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s